Persyaratan dan Cara Mendaftar PPDB Jabar 2024

NAGAGG NEWS – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat tahun 2024 telah resmi dibuka. Artikel dari CNN Indonesia memberikan panduan lengkap mengenai persyaratan dan cara mendaftar PPDB Jabar 2024, membantu orang tua dan calon siswa memahami prosesnya.Untuk mendaftar, calon siswa harus memenuhi beberapa persyaratan umum, seperti batas usia dan kelengkapan dokumen administratif, termasuk akta kelahiran, kartu keluarga, dan rapor sekolah. Terdapat juga persyaratan khusus bagi siswa yang ingin masuk ke sekolah tertentu, seperti sertifikat prestasi untuk jalur prestasi.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi PPDB Jawa Barat. Calon siswa perlu membuat akun terlebih dahulu dan mengisi data pribadi serta mengunggah dokumen yang diperlukan. Situs ini juga menyediakan informasi mengenai jadwal pendaftaran, tahapan seleksi, dan pengumuman hasil seleksi.Tahapan seleksi meliputi verifikasi dokumen, seleksi akademik dan non-akademik, serta pengumuman hasil seleksi. Pada tahapan verifikasi, panitia akan memeriksa keaslian dan kelengkapan dokumen yang telah diunggah. Setelah itu, calon siswa akan mengikuti seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih.

PPDB Jabar 2024 juga menerapkan sistem zonasi, yang bertujuan untuk mendekatkan siswa dengan tempat tinggalnya. Sistem ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih adil bagi semua siswa untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa harus terpengaruh oleh jarak sekolah.Bagi calon siswa yang memilih jalur prestasi, mereka harus menunjukkan bukti prestasi akademik maupun non-akademik yang telah dicapai selama masa sekolah. Prestasi ini bisa berupa piagam, medali, atau sertifikat dari kompetisi tingkat regional, nasional, atau internasional.

Setelah seluruh tahapan seleksi selesai, pengumuman hasil seleksi akan dipublikasikan di situs resmi PPDB Jawa Barat. Calon siswa yang dinyatakan lulus harus segera melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan untuk mengamankan tempat mereka di sekolah yang diinginkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *